Rabu, 07 Desember 2016


            Puskesmas  bandar jaya  merupakan  Puskesmas Perkotaan yang  berada diwilayah kecamatan kota Lahat, yang membawahi  6 kelurahan  dan 2 desa, dengan  luas  wilayah + 800 Ha, Puskesmas Bandar Jaya berada  didalam kota Lahat yang letaknya berada diantara perkantoran lainnya dan dekat dengan jalan lintas Sumatera.

VISI  DAN  MISI
VISI : 

Menjadikan Puskesmas Bandar Jaya sebagai Puskesmas Perkotaan dengan pelayanan prima untuk mencapai masyarakat sehat mandiri.
MISI:

   1.      Mengoptimalkan pelayanan yang terstandarisasi
   2.      Meningkatan kinerja sumber daya manusia yang  berkualitas
   3.      Meningkatkan sarana dan prasarana
   4.      Meningkatkan penyuluhan kesehatan disegala aspek
   5.      Menggalang lintas sektor dan peran serta masyarakat

MOTTO :
“ Menjadikan yang sakit menjadi sehat, yang sehat tetap terjaga kesehatannya “

TATA NILAI :
  Profesional, Jujur, integritas, disiplin, empati. “





JENIS-JENIS PELAYANAN
DI PUSKESMAS BANDAR JAYA LAHAT :

 1.  DI DALAM PUSKESMAS
    1.    Poli gigi dan mulut                                  : Setiap hari kerja
-    Cabut dan tambal gigi
-    Insisi

    2.    Poli umum                                             : Setiap hari kerja
    3.    Poli lansia                                              : Setiap hari kerja
    4.        Poli mata/THT/Yankestrad                     : Setiap hari kerja
    5.        Laboraturium                                         : Setiap hari kerja
-    Darah rutin, Gula darah sewaktu, Asam urat, Cholestrol, Ureum, Creatinin, Urine Rutine, Cek Malaria, Widal, HbS Ag, IGGM, Prop BTA.

    6         Pemeriksaan Haji                                   : Setiap bulan haji
    7.    Poli KB/Kespro                                     : Setiap hari kerja
    8.       Poli KIA                                                : Setiap hari kerja
    9.    Poli MTBS                                             : Setiap hari kerja
  10.  UGD                                                        : Setiap hari kerja
  11.  Poli GILINGANMAS                  
-   Kesehatan lingkungan                   : Setiap hari kerja
-   Gizi                                              : Setiap hari kerja
-   Imunisasi                                      : Setiap hari kamis
  ( HBO, Combo, BCG, TT, Campak )

  12.  Persalinan                                                : Setiap hari 24 jam


2.    DILUAR PUSKESMAS

DAFTAR KUNJUNGAN RUMAH PEGAWAI
PUSKESMAS BANDAR JAYA LAHAT

     NO
            TANGGAL
       NAMA 
      PETUGAS
       DIAGNOSA
1

       MISIANIK
          HHD/
        PENYAKIT JANTUNG

2

      RINI PUSPITA
      SARI
          HHD/ 
        PENYAKIT JANTUNG

3

      AHMAD
      BAKHTIAR
        HHD/
        PENYAKIT JANTUNG

4

     SUKIYEM
       HHD/
        PENYAKIT JANTUNG

5

     SISNIATI
      HHD/
        PENYAKIT JANTUNG

6

      AKHIRNAWATI
     HHD/
        PENYAKIT JANTUNG

7


      HUSNAINAH
      DIABETES
       MELITUS
8


      LISMIATI
     DIABETES
      MELITUS
9


       ROSDIANI
      DIABETES
       MELITUS








10


      DWI
      KUSUMAWATI
       DIABETES
        MELITUS
11


     MIRNA Y.M
      DIABETES
       MELITUS

                  
JAM PELAYANAN PUSKESMAS BANDAR JAYA LAHAT :

·           Senin – Kamis               : 08.00  - 13.00 WIB
·           Jumat                            : 08 .00 - 11.00  WIB
·           Sabtu                            : 08.00  - 12.00  WIB
·           Minggu                         : LIBUR


SYARAT PENGOBATAN
DI PUSKESMAS BANDAR JAYA LAHAT :

          ·         BPJS
-    Fotocopy Kartu BPJS (2 Lembar)
-    Kartu BPJS asli

          ·         JAMSOSKES
-    Fotocopy  KTP
-    Fotocopy  KK 2 lembar
-    Membawa KK dan KTP asli

          ·         UMUM
-    Membayar biaya pendaftaran
-    Membawa kartu pendaftaran ( pasien lama)



HAK PASIEN :

    1.     Mendapatkan pelayanan kesehatan optimal / sebaik-baiknya sesuai dengan standar profesi kedokteran.
    2.     Hak  atas  informasi  yang  jelas  dan  benar  tentang penyakit dan tindakan medis yang akan dilakukan   
         dokter / perawat / bidan.
    3.    Hak atas rahasia dokter / data penyakit, status, diagnosa, dll
    4.    Hak untuk memberi persetujuan / menolak atas tindakan medis yang akan dilakukan pada pasien.
    5.    Hak untuk mengehentikan pengobatan.
    6.    Hak untuk mencari pendapat kedua / pendapat dari dokter lain.
    7.    Hak atas rekam medis / data medis.
    8.    Hak untuk didampingi anggota keluarga dalam keadaan kritis.
    9.    Hak untuk menerima penjelasan tentang biaya yang dikenakan / dokumen pembayaran / bon / bill.
  10.  Hak untuk mendapatkan penjelasan kalau terjadi kelalaian dan tindakan yang tidak mengikuti standar  
         operasi profesi kesehatan.

KEWAJIBAN PASIEN:

    1.      Memberi keterangan yang jujur tentang penyakit dan perjalanan penyakit kepada petugas kesehatan.
    2.      Mematuhi nasihat dokter dan perawat.
    3.      Harus ikut menjaga kesehatan dirinya.
    4.      Memenuhi imbalan jasa pelayanan.

PROSES PELAYANAN:

    a.      Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM)
    Upaya kesehatan masyarakat (UKM) yang esensial meliputi :
1.      Promosi kesehatan
2.      Upaya kesehatan lingkungan
3.      Upaya pebaikan gizi
4.      Upaya kesehatan ibu dan anak (KIA) dan keluarga berencana
5.      Upaya pemberantasan dan pengendalian penyakit (P2P)

    b.      Upaya kesehatan masyarakat pengembangan diantaranya:
1.      Upaya kesehatan jiwa
2.      Upaya kesehatan indra
3.      Upaya kesehatan gigi masyarakat
4.      Upaya kesehatan lansia
5.      Upaya kesehatan tradisional (Yankestrad)
6.      Upaya kesehatan peduli remaja
7.      Upaya kesehatan olahraga
8.      Upaya kesehatan sekolah (UKS)
9.      Upaya kesehatan haji
10.  Upaya kesehatan kerja (UKK)


HAK SASARAN PROGRAM:

    1.      Masyarakat mempunyai hak memperoleh informasi terkait pelayanan program UKM, yang meliputi:
·      Program promkes
·      Program kesehatan ibu dan anak
·      Program gizi
·      Program penyehatan lingkungan
·      Program pemberantasan & pengendalian penyakit
    2.      Masyarakat mempunyai hak mendapatkan pelayanan langsung program UKM 
          Puskesmas BandarJayaLahat.
    3.       Masyarakat berhak mendapatkan pelayanan yang jujur, adil tanpa diskriminasi
    4.       Mesyarakat berhak mendapatkan pelayanan yang bermutu sesuai dengan aturan yang berlaku.
    5.       Masyarakat mempunyai hak mendapatkan pelayanan yang aman dan nyaman
    6.       Masyarakat mempunyai hak untuk menyalurkan keinginan, kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap 
           pelayanan program UKM
    7.      Masyarakat mempunyai hak untuk mengadukan ketidaksesuaian atau keluahan atas pelayanan UKM 
          yang telah diberikan oleh Petugas Kesehatan di Puskesmas
    8.     Masyarakat mempunyai hak untuk menyampaikan saran dan ikut berperan serta dalam proses 
          perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan UKM


KEWAJIBAN SASARAN PROGRAM

    1.      Masyarakat mempunyai kewajiban mendukung semua program UKM yang dilaksanakan di wilayah kerja     Puskesmas
    2.      Masyarakat mempunyai kewajiban mentaati semua aturan dan tata tertib dalam pelayanan UKM
    3.      Masyarakat mempunyai kewajiban untuk berperas serta aktif dalam pelaksanaan UKM
    4.   Masyarakat mempunyai kewajiban untuk menjaga semua sarana dan prasarana pada pelaksanaan 
          pelayanan UKM.



VIDEO TAHAPAN PROSES PELAKSANAAN AKREDITASI
DI PUSKESMAS BANDAR JAYA LAHAT




JADWAL PETUGAS POSYANDU LANSIA
PUSKESMAS BANDAR JAYA LAHAT
TAHUN 2016

    NO
     TANGGAL
     LOKASI
      POSYANDU
        NAMA
       POSYANDU
        PETUGAS
1
4
      BANDAR AGUNG
  KASIH
   SAYANG
1.     OKTA APRIANI
2.    NOVA F.S

2
5
     KOTA BARU
     ANGGREK
 1.     MARLIANA
 2.     HASIDA

3
6
      BANDAR AGUNG
     ANGGREK
 1.     HERLINA
 2.     SUSANTI HARYANI

4
8
      BANDAR AGUNG
      KEMALA
 1.     MISIANIK
 2.     RINA

5
9
      LEMBAYUNG
       LEMBAYUNG
      SUTRA
1.     AKHIRNAWATI
 2.     SUSANTI  EFREANI

6
9
     KOTA BARU

      ROUDOH
 1.     EVI ANDRIANI
2.      MIRNA

7
10
      KODIM
        PASAR LAMA
      CINTA BUNDA
  1.    HUSNAINAH
 2.     AHMAD BAHTIAR

8
14
       PANTI  ASUHAN
       PASAR LAMA
     HIKMAH
       1.  RINI PUSPITA
       2.  ELVA LINGGAWATI

9
15
      KARANG ANYAR
      LEMATANG
     ANYAR
 1.     HERNILAWATI
 2.     NETTY TRIANA

10
16
      TALANG KAPUK
       PASAR LAMA
      MUSLIMAT
 1.     SISNIATI
 2.     JESI MEI P

11
18
       RATU AGUNG
       PASAR LAMA
      AMANAH
 1.     RIA NURLI
 2.     ROSDIANI

12
19
      PASAR BARU
      SINAR HARAPAN
 1.      IWAN SUSANTO
 2.      SRI AGUSTIKAWATI

13
20

      PTM SQUARE
        AL-HUDA
  1.      WENI
  2.      NURBAHAGIA

14
23

       SEKIP
        PASAR LAMA
      MAWAR INDAH
  1.      HENNY
  2.      ERNI SAFITRI

15
27
       TALANG JAWA
     UTARA
      AL-MASTAQ
  1.      LINDA ANITA
  2.      NIA MUTHARA

16
27
      TALANG
       BERANGIN
       BANDAR  AGUNG
      
 HIDAYAH
  1.      MEILINDA
  2.      AHMAD BAKTIAR

   NB : Jika Tanggal pada jadwal bertepatan dengan hari Minggu
               atau pun hari libur lainnya maka dilaksanakan pada hari berikutnya.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar